Penerimaan & Beasiswa

Beasiswa KIP Kuliah

Program Beasiswa KIP Kuliah Lemondial Business School Tahun 2024/2025

 

Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial atau dikenal dengan nama Lemondial Business School membuka kesempatan pendaftaran Program KIP Kuliah tahun 2024.

Adapun program KIP Kuliah diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas sasaran pemegang KIP SMA, mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (Wilayah Papua, 3T dan Anak TKI) serta mahasiswa terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus.

Tahun ini, pemerintah melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek akan menyalurkan bantuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi bagi 200 ribu mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka diberikan bantuan biaya hidup. Bantuan biaya hidup per bulan diberikan pada mahasiswa berdasarkan 5 klaster wilayah, yaitu Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000 yang mengacu hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS).

Penerima KIP Kuliah Merdeka akan diterima melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi pada semua jalur seleksi, seperti Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) dan jalur mandiri, serta seleksi masuk perguruan tinggi swasta, baik di perguruan tinggi akademik maupun vokasi.

Pendaftaran akun Siswa KIP Kuliah telah dimulai pada 12 Februari sampai dengan 31 Oktober 2024.

Pendaftaran KIP Kuliah dapat dilakukan dengan melalui Kampus Lemondial Business School (datang ke lokasi kampus atau menghubungi Narahubung), atau dapat dilakukan secara mandiri dengan syarat dan ketentuan sebagaimana diuraikan di bawah ini.

Syarat & Ketentuan KIP Kuliah

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pendaftaran Beasiswa KIp Kuliah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran di laman KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login. Calon penerima harus memasukkan data yang valid sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek sebagai berikut:
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan
    • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  2. Calon penerima juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses, setelah sistem KIP Kuliah Merdeka berhasil melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.
  3. Pendaftar KIP Kuliah adalah lulusan SMA/Sederajat Tahun 2024, 2023 dan 2022.
  4. Lulus seleksi di PTN atau PTS dengan prodi terakreditasi minimal C atau Baik.
  5. Mempunyai potensi akademik baik tetapi berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.
  6. Penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) SMA/SMK yang terdata pada Dapodik dan SiPintar.
  7. Mahasiswa dari keluarga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau penerima bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan bidang sosial seperti mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  8. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin maksimal pada 3 desil pada Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan Kemenko PMK.
  9. Mahasiswa dari panti sosial/asuhan.
  10. Mahasiswa yang memenuhi syarat berikut:
    • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4 juta per bulan atau Rp 750 ribu per anggota keluarga.
    • Bukti keluarga miskin dalam bentuk surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan.
  11. Syarat lain yang harus dipenuhi:
    1. Telah memiliki Kartu Peserta KIP Kuliah dan telah mengisi semua data informasi yang diminta di laman KIP-Kuliah termasuk foto rumah (nampak depan dan ruang tamu).
    2. Memilih program studi seperti tercantum pada laman KIP Kuliah (Pilihan Mandiri PTS: Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik).
    3. Berkas persyaratan yang harus dikumpulkan di LKM STIMPAL LEMONDIAL saat pendaftaran antara lain:
      • Kartu Peserta KIP-Kuliah Tahun 2024.
      • Formulir Pendaftaran KIP Kuliah.
      • Fotokopi rapor semester 1 s/d 6 SMA/Sederajat yang dilegalisir kepala sekolah.
      • Fotokopi Ijazah yg dilegalisir oleh kepala sekolah (bila belum tersedia bisa disusulkan).
      • Surat keterangan prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi. Prestasi lain di tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional/Internasional.
      • Surat asli Keterangan Tidak Mampu yang telah disahkan oleh pihak kelurahan.
      • Surat asli Keterangan Penghasilan kedua orangtua/wali yang telah disahkan oleh kelurahan atau instansi tempat orang tua bekerja.
      • Fotokopi Kartu Keluarga.
      • Tagihan rekening listrik dua bulan terakhir.
      • Tagihan PBB.
  12. Semua berkas persyaratan dikumpulkan di Kantor Lemondial Business School paling akhir 30 September 2024.

Narahubung: 0877-4649-3828 (Mirna).